Beranda » Memahami SEO bagi Pemula

Memahami SEO bagi Pemula

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk meningkatkan kinerja sebuah situs web, sehingga situs web tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna yang sedang mencari melalui mesin pencari seperti Google.

Sebagai salah satu strategi dalam pemasaran digital, tujuan utama dari SEO adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs web kita dan mengubah mereka menjadi pelanggan atau pembeli bisnis kita.

Keuntungan terbesar dari menggunakan SEO adalah bahwa kita dapat mendapatkan pengunjung secara gratis, biaya akuisisi pelanggan yang paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran digital lainnya, dan hasil yang dapat kita nikmati dalam jangka panjang (seperti investasi).

Apa Pengertian SEO?

Menurut Google, SEO adalah proses untuk membuat situs Anda menjadi lebih baik bagi search engine.

Selain itu, SEO juga merupakan jabatan yang diemban oleh orang yang bekerja dalam bidang iniKami baru saja mempekerjakan SEO baru untuk meningkatkan kemunculan situs kami di web.

Menurut Moz, SEO adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan posisi & visibilitas sebuah halaman web di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Menurut Search Engine Land, secara sederhana SEO adalah proses optimasi situs web kita agar bisa lebih terlihat saat pengguna mencari produk atau layanan yang terkait dengan bisnis kita di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Semakin baik visibilitas halaman website kita, semakin besar kemungkinan kita menarik perhatian pelanggan/calon pelanggan ke bisnis kita.

Intinya, SEO bukan sekedar usaha untuk membuat ranking website kita di hasil pencarian mesin pencari naik, melainkan agar pelanggan/calon pelanggan kita datang ke website kita, dengan tujuan akhir agar bisnis kita berkembang.

Cara Kerja SEO

Secara umum beberapa cara kerja SEo atau beberapa hal yang bisa dilakukan dengan SEO antara lain:

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Menentukan kata kunci yang ditargetkan adalah seperti memilih medan perang. Tidak perlu memenangkan semua pertempuran, kecuali jika kita memiliki keistimewaan atas semua sumber daya yang diperlukan.

Sebagai contoh, jika bisnis kita menjual baju anak, kita ingin menargetkan kata kunci “jual baju anak”. Namun, kata kunci ini bukanlah yang terbaik karena medan perangnya sudah dikuasai oleh pemain besar di marketplace.

Namun, untuk kata kunci yang sangat relevan dengan tujuan bisnis dan target pemasaran, kita perlu melakukan upaya maksimal untuk memenangkan pertempuran tersebut.

Dalam praktiknya, kita juga membutuhkan riset yang teliti dan mendalam untuk memilih kata kunci yang dapat dengan mudah dimenangkan atau kata kunci yang akan menjadi target kita di kesempatan berikutnya. Misalnya, setelah website kita memiliki otoritas yang lebih tinggi daripada pesaing di medan tersebut.

SEO Konten

Salah satu aspek yang sangat penting dalam SEO adalah kemampuan sebuah situs untuk menyajikan konten yang memiliki nilai bagi pengunjungnya. Ungkapan yang terkenal, “Konten adalah Raja”, dengan jelas menggambarkan bahwa keberhasilan optimasi sebuah situs sangat bergantung pada kualitas konten yang mampu memenuhi kebutuhan pengunjung.

Search Engine Journal, mereka memberikan tips agar fokus pada audiens, yang berarti Anda harus berfokus pada apa yang diinginkan oleh audiens daripada apa yang ingin Anda sampaikan.

Selain itu, seperti yang telah diidentifikasi sebelumnya, menghasilkan konten yang bermanfaat dan relevan adalah inti dari “permainan” jika Anda ingin mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Technical SEO

Optimisasi di wilayah ini juga memiliki kepentingan yang tidak kalah. Meskipun seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa “Konten adalah Raja”, namun apa artinya jika konten terbaik Anda tidak dapat diakses dengan nyaman, lambat, atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali oleh pengunjung situs karena beberapa alasan.

Sebaliknya, kenyamanan dan kecepatan yang meningkatkan kepuasan akan menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh mesin pencari dalam menampilkan situs Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait aspek teknikal pada situs Anda.

  • Kecepatan website
  • Struktur website
  • XML Sitemap
  • Keamanan situs (SSL)
  • Tema responsive
  • Layout website
  • Navigasi
  • dan masih banyak lagi

Off-page SEO

Elemen off-page SEO adalah salah satu faktor penting dalam optimasi mesin pencari. Ini melibatkan upaya untuk mendapatkan rekomendasi atau vote dari situs-situs lain. Rekomendasi ini dapat berupa tautan atau backlink yang mengarah ke situs Anda.

Sama seperti dalam kehidupan nyata, mesin pencari juga menganggap situs Anda memiliki otoritas yang tinggi jika mendapatkan banyak backlink dari situs-situs lain yang membahas topik yang sama. Ketika situs Anda dianggap memiliki otoritas, mesin pencari akan memberikan peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian.

Oleh karena itu, penting untuk membangun backlink yang berkualitas dan relevan dengan topik situs Anda. Anda dapat mencoba berbagai strategi seperti mencari tautan dari situs-situs terkait, berpartisipasi dalam forum atau komunitas online, atau melakukan kerjasama dengan situs-situs lain untuk pertukaran tautan.

Dengan melakukan optimasi off-page SEO yang baik, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs Anda di mesin pencari.

Kegiatan yang perlu anda fokuskan untuk kegiatan SEO off-page adalah pada kegiatan-kegiatan berikut:

  • Link Building
  • Social Media Sharing
  • Content Marketing
  • Guest Post
  • Steal Competitor Backlink

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top